Minggu, 11 Agustus 2019

7 PELAJARAN BERHARGA YANG HARUS KAMU KETAHUI TENTANG HARI RAYA KURBAN



Di dalam agama Islam ada dua hari raya besar yang di rayakan oleh orang-orang muslim yaitu hari raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban. Idul Adha biasanya jatuh pada bulan Zulhijah yakni pada tanggal 10 Zulhijah yang pada saat itu juga bertepatan dengan wukufnya jemaah haji di Padang Arafah. Biasanya hari raya Idul Adha sangat identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, unta dan hewan lainnya yang telah ditetapkan di dalam  kitab suci Alquran dan Hadis, itulah kenapa sehingga Idul Adha disebut juga hari raya kurban.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sejarah dari hari raya Idul Adha ini bermula dari kisah Nabi Ibrahim dan anaknya yaitu Nabi Ismail. Pada saat itu Nabi Ibrahim bermimpi tentang perintah Allah SWT yang menyuruh untuk menyembelih anaknya yaitu nabi Ismail namun karena ketabahan dan kesabaran Nabi Ibrahim AS atas perintah Allah SWT kepadanya maka Allah SWT dengan kasih dan sayangnya menggantikan sembelihan Nabi Ibrahim yang awalnya adalah anaknya yaitu nabi Ismail kemudian digantikan dengan seekor kambing.
Namun tahukah kamu dibalik itu semua ada pelajaran penting yang harus kamu ketahui dan akan kamu dapatkan dari hari Idul Adha atau hara raya Kurban tersebut. Berikut ini 7 Pelajaran berharga yang haru kamu ketahui tentang hari raya Kurban : 

1. Kamu Wajib Patuh Pada Perintah Allah SWT

Seperti kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS yang sudah diceritakan di atas. kita bisa mengambil pelajaran bahwa apapun yang di perintahkan oleh Allah SWA kita sepatutnya sebagai hambanya harus mematuhinya karena dengan menjalankan perintah Allah SWT maka kita akan di selamatkan Oleh Allah SWT baik di dunia maupun di Akhirat.

2. Hari Raya Kurban Mengajarkan Kepadamu Tentang Keikhlasan.

Ketiak Allah SWT menurunkan perintahnya kepada nabi Ibrahim AS dengan menyuruhnya untuk menyembelih nabi Ismail AS yang merupakan anak semata wayangnya, tapi nabi Ibrahim tetap melaksanakan perintah tersebut walaupun hal itu sangat berat bagi nabi Ibrahim namun dia harus tetap ikhlas, begitu pun dengan nabi Ismail AS, Namun karena kedua Nabi Allah itu melakukannya dengan keikhlasan yang luar biasa makan Allah menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik.
Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa seberat apapun Cobaan yang kita hadapi kita tetap harus sebar dan Ikhlas menghadapinya karena segala cobaan yang terjadi pada diri kita pasti semua akan ada hikmahnya. Karena langit itu tidak selamanya akan cerah dan kamu harus percaya bahwa badai sebesar apapun pasti akan berlalu.

3. Melatih Kesabaran

ketiak ada perintah agar seorang ayah menyembelih anak kandungnya sendiri dan anak satu-satunya juga, tentunya sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran kita tidak akan mungkin melakukan hal sekejam itu. hewan saja tidak mungkin melukai anaknya sendiri apalagi manusia. Karena perintah dari Allah nabi Ibrahim tetap melakukannya karena dia Tahu bahwa perintah Allah harus tetap dipatuhi dan di jalankan. Dengan kesabaran yang luar biasa nabi Ibrahim tetap melakukan perintah Allah SWT tersebut. Apapun yang kamu lakukan dan akan kamu lakukan dan seberat apapun hidup yang kamu hadapi saat ini maka kuncinya adalah kamu harus tetap sabar  menjalaninya yakinlah bawah kesabaran akan membuahkan hasil yang luar biasa.

4. Menghilangkan Sifat kebinatangan

Pada saat hari raya kurban bukan hanya sekedar penyembelihan hewan kurban kemudian membagikan daging hewan kurban tersebut  tapi ada makna tersembunyi yang kamu harus tahu bahwa maksud dari penyembelihan hewan kurban tersebut adalah diharapkan bisa menghilangkan sifat kebinatangan pada manusia seperti serakah, angkuh, egois, rakus dan lain sebagainya. 

5.  hari raya kurban mengajarkan kepadamu tentang berbagi

Ketika kita telah selesai melaksanakan sholat idul Ahad maka biasanya orang-orang langsung akan sibuk mempersiapkan Segala hal yang berkaitan dengan penyembelihan hewan kurban, lalu kemudian akan dilakukan proses penyembelihan hewan kurban lalu kemudian daging hewan kurban tersebut  akan dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerima seperti orang fakir, orang miskin dan lain-lain. Hal ini mengajarkan kepada kita tentang tolong menolong dan saling berbagai antara satu dengan yang lainnya tanpa melihat suku, ras, bangsa dan agama.    

6. Gotong-Royong menjadi pelajaran berharga selanjutnya

Biasanya pada saat akan dilakukan penyembelihan hewan kurban maka kamu akan melihat banyak orang yang berkumpul lalu kemudian bergotong-royong menyelesaikan pekerjaan penyembelihan hewan kurban tersebut. Bawah serat apapun pekerjaan yang kita lakukan apabila dilakukan bersama-sama makan anak terasa ringan seperti kata pepatah berat sama dipikul ringan sama di jinjit.

7.  Belajar Merelakan Segalanya

Salah satu pelajaran yang tak kala pentingnya dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah merelakan segala apa yang kita miliki karena pada hakikatnya segalanya tidak ada yang abadi karena semua akan kembali kepada yang maha kuasa karena Dialah pemilik segalanya.  

Sumber Dokumentasi : PW IPM SUMUT 

By : Johan A Rahman
  
       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAKUKAN INI AGAR KAMU TETAP SEMANGAT UNTUK MENJALANKAN AKTIVITAS OLAHRAGA LARI

        Halo sobat Runners, saat pandemi seperti saat ini tentunya kita terbatas melakukan aktivitas sepeti biasanya karena kita harus memat...